Inspirasi Mengembangkan Ekonomi Baru Di Era Digital





Kamu pernah gak sih mendapat undangan yang tidak terduga? Senin lalu saat membuka pesan elektronik yang sering saya gunakan yaitu Whatsapp saya telah masuk grup yang menyatakan sebagai tamu undangan dalam acara yang akan dihadiri presiden Indonesia yaitu Pak Jokowi. Tema yang diusung pun sangat menarik perhatian saya yaitu mengenai ekonomi baru di era digital.

Saat hari pelaksanaan acara pada tanggal 20 September 2017 saya pun menghadiri undangan yang sangat langka ini. Meskipun waktu itu ada jadwal perkuliahan saya relakan untuk menghadiri undangan yang sangat langka ini. Selain itu saya pun ditemani oleh kawan seorganisasi yang waktu itu kebetulan mendapat undangan juga.

Saat tiba di lokasi, sudah terlihat banyak pengunjung dengan pakaian batik  memadati halaman JCC. Karena memang pengunjung yang datang diwajibkan untuk memakai pakaian seragam yaitu pakaian batik. Saat memasuki gedung banyak pameran Indonesia Banking Expo (IBEX) yang memang sudah mulai pada tanggal 19 September 2017.




Tiba jam 10 tepat, acara Ekonomi Baru di Era digital pun dimulai dengan menyanikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Pak presiden Jokowi sebagai keynote speaker pun dipanggil ke atas panggung untuk membuka acara dan menyampaikan pemaparannya. Dalam pemaparannya, Jokowi menyampaikan perkembangan yang terjadi dalam sistem ekonomi di era baru ini.

Menurut Jokowi sekarang pola konsumsi di Indonesia mengalami pergeseran dari offline menjadi online. Dulu orang harus mendatangi toko langsung untuk mendapatkan barang yang diinginkannya, sekarang orang tinggal mengambil hp untuk memesan barang lalu barang akan sampai ke alamat tujuan. Bahkan dalam media transfortasi sekarang telah beralih dari offline ke media online dengan adanya  Go-jek, Grab, Uber, AirBnB, dan WeWork.

Setelah menyampaikan pemaparannya, Presiden Jokowi didampingi Rudiantara sebagai Mentri Komunikasi dan Informatika dan  Darmin Nasution sebagai Mentri Koordinator Perekonomian meresmikan acara dengan memukul gong sebanyak lima kali. Presiden dipersilahkan duduk kembali di tempat semula dan dua mentri, Rudiantara dan Darmin duduk di panggung untuk menjadi pembicara pertama. Perbincangan pun mulai dengan membahas perekonomian yang ada di Indonesia saat ini.

Usai pemaparan kedua mentri tersebut banyak tokoh ispiratif dari dunia ekonomi baru di era digital yang menjadi pembicara seperti CEO  Go-jek, Traveloka, bahkan sampai ke pemilik warteg Bahari yang telah memiliki cabang hingga 152 yang tersebar di berbagai daerah. Pemaparan yang disampaikan para CEO ini menginspirasi kita karena dari pemaparan tersebut mereka menyampaikan bahwa kesuksesan mereka bukan tanpa proses dan tanpa kegagalan. CEO Go-Jek Nadiem Makarim bahkan sempat mengalami empat kali kegagalan sebelum akhirnya aplikasi Go-jeknya ramai digunakan orang.

Setelah penyampaian para CEO pengusaha di bidang digital tersebut acara pun selesai. Saya merasa banyak mendapatkan motivasi untuk terus belajar dan berusaha mewujudkan mimpi saya. Banyak jalan untuk mencapai kesuksesan karena kesuksesan diraih bukan datang sendiri. Hehe semoga menginpirasi.



Yayang Zulkarnaen

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Dari Kisah Sukses Para Pengusaha

Singo Barong Syarat Cinta Dewi Sekar Taji

Leak Survey, Jamin Kemanan Gas Bumi PGN