Sejenak Hening Solusi Hilangkan Stres



Judul                           : Sejenak Hening
Penulis                         : Adjie Silarus
Penerbit                       : Metagraf-Tiga Serangkai
Tahun Terbit                : Agustus, 2013
Jumlah Halaman          : 310 halaman
ISBN                           : 978-602-9212-85–3

 “Saat tersadar bahwa kita hidup di masa sekarang, maka  setiap napas yang kita hirup dan embuskan, setiap langkah yang kita ayunkan, akan dapat kita lakukan dengan rasa damai, ceria dan tenang.”

Paragraf di atas adalah kutipan dalam buku bertajuk Sejenak Hening, karya Adji  Silarus. Dalam buku tersebut menjelaskan bagaimana kita menikmati setiap detik dalam hidup kita untuk meraih kebahagiaan.

Saat menjalankan kehidupan, manusia sering disibukan dengan kegiatannya sehari-hari. Sebagian pikiran manusia, terkadang tidak selaras dengan apa yang sedang ia kerjakan. Manusia merasa tertekan dan dibayangi oleh bagaimana kehidupannya di masa depan.

Perasaan tertekan saat menjalani aktivitas akan menimbulkan pikiran stres. Kondisi tersebut, membuat mental seseorang tidak stabil. Sehingga, ia mudah terpicu oleh rasa amarah dengan keadaan sekitar.

Rasa amarah dapat timbul akibat mental seseorang yang goyah. Tak jarang pula, seseorang meluapkan kemarahannya kepada orang lain. Amarah yang dikeluarkan tersebut dapat mempengaruhi mental orang pula. Sehingga, orang tersebut terpengaruh oleh rasa stres tersebut. Karena itu, orang yang sedang dilanda kemarahan akan dijauhi oleh orang di sekitarnya.

Penulis sebagai seorang psikolog, menawarkan solusi untuk memecahkan permasalahan tadi. Adji juga mengajak pembaca untuk dapat menikmati setiap detik yang dijalani dengan sederhana, sadar dan bahagia. Dengan meditasi, seseorang dapat meraih ketenangan dalam berpikir. Meditasi adalah cara memusatkan pikiran dan perasaan untuk mencapai ketenangan.

Konsep sang mediator ini diberi nama sejenak hening ini. Dalam konsepnya ia membawa kita untuk kembali mengenal diri sendiri untuk menyadari banyak keping kebahagiaan di sekitar kita.

Misalnya menikmati aktivitas sederhana yang sedang dijalani. Ketika kita menikmati apa yang kita jalani, maka setiap napas  yang dihirup dan dikeluarkan pun akan terasa nyaman, tenang dan menyenangkan.

Buku Sejenak Hening menggunakan pendekatan psikologis. Adji membawa pembaca untuk memahami dan menikmati setiap kata dan kalimat dengan menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dicerna. Setiap bab dalam buku ini pun disajikan secara tersendiri namun berkaitan dan mengandung nilai-nilai positif yang bisa menjadi bahan renungan untuk pembaca.


Adji menyelipkan pesan disampaikannya dengan cara unik. Ia menghubungkan pesan dan kisah yang banyak terjadi di masyarakat. Dengan cara ini kita tidak akan merasa digurui olehnya. (Yayang Zulkarnaen)

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Dari Kisah Sukses Para Pengusaha

Singo Barong Syarat Cinta Dewi Sekar Taji

Leak Survey, Jamin Kemanan Gas Bumi PGN