Ubah Kebiasaan Konsumtif

Ilustrasi: www.cermati.com


Tahu mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang sebatas keinginan merupakan bentuk revolusimental untuk menghilangkan budaya konsumtif. Budaya konsumtif sering kali membuat orang lupa mempersiapkan diri untuk menata masa depannya. Untuk mempersiapkan kehidupan yang layak, perlu melakukan perencanaan yang matang agar setiap uang yang keluar dapat kamu investasikan dengan lebih bijak.

Semakin mudahnya belanja di kemajuan teknologi ini membuat kebanyakan orang tidak berpikir panjang saat membelanjakan uangnnya. Hal ini sekaligus menanamkan sikap yang acuh akan perencanaan hidup yang seharusnya ia pikirkan matang-matang. Karena untuk mulai menata hidup, revolusi mental dalam mengelola uang saku dapat melatih untuk menghilangkan kebiasaan menghamburkan uang.


Apalagi sebagai mahasiswa yang sumber uangnya masih bergantung pada orang tua, budaya konsumtif ini mutlak harus diminimalisir bahkan kalau bisa dihilangkan. Karena tidak selamanya kamu akan meminta uang terus kepada orang tua, mulailah belajar untuk mencari penghasilan dari keahlian yang kamu miliki, semisal bekerja paruh waktu, mengajar privat dan lain sebagainya. Setelah memiliki penghasilan, usahakan menabung untuk keperluanmu kedepannya, apalagi jika kamu ingin melanjutkan jenjang pendidikanmu ke tingkat yang lebih tinggi.

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Dari Kisah Sukses Para Pengusaha

Singo Barong Syarat Cinta Dewi Sekar Taji

Leak Survey, Jamin Kemanan Gas Bumi PGN