Leak Survey, Jamin Kemanan Gas Bumi PGN

sumber: Internet


Keamanan tentunya menjadi prioritas utama kita dalam melakukan segala urusan, termasuk dalam urusan memasak. Sejak adanya gas sebagai bahan bakar pengganti BBM, sedikit banyak kita memiliki ketakutan akan terjadinya kebakaran. Tentunya kita pun penasaran apakah penggunaan gas bumi aman untuk dapur kita? Mari kita lihat apa sih yang membut gas bumi PGN itu aman.

Gas bumi yang dialirkan dengan pipa ini telah mendapat perhatian masyarakat dan perusahaan di Indonesia. Hal ini dikarenakan harganya yang lebih murah serta memiliki keamanan yang tinggi. Selain itu, kelebihan lainnya kita tidak perlu repot-repot menenteng tabung bila kehabisan gas.

Dalam pengalirannya, pipa gas bumi ini tentu melewati ruangan tertentu sebelum sampai dapur kita, apakah mungkin terjadi kebocoran? Hal tersebut mungkin pernah terlintas di benak kita, hal ini pun pernah pernah menjadi kekhawatiran Yuni Resdiyanti, pelanggan jaringan gas bumi di Cirebon, Jawa Barat. Namun ternyata kekhawatiran Yuni yang sudah menggunakan layanan gas bumi PGN sejak 2014 ini memang tak pernah terjadi sampai hari ini. (www.kompas.com)

Sampai saat ini, tidak ada cerita tentang terjadinya pipa gas bocor, memang resiko selalu ada, namun PGN pun telah siap dengan antisipasinya. PGN memiliki tim khusus yang bertugas memberikan sosialisasi pengaturan tekanan gas serta ragam tindakan yang harus di lakukan bila mendeteksi adanya ketidakberesan pada jaringan yang terpasang.

Pengecekan ini biasanya dilakukan dalam jangka waktu satu bulan sekali secara berkala, Pelanggan PGN juga mendapatkan nomor kontak yang dapat dihubungi selama 24 jam bila ada kekhawatiran terkait penggunaan gas bumi ini. PGN menerapkan standar keamanan yang ketat sebelum gas bumi sampai ke pelanggan.

Ada banyak urusan teknis yang harus dipastikan untuk menjamin keamanan pemanfaatan gas bumi itu. Petugas dari PGN harus memastikan tekanan gas bumi pada jaringan gasnya berada pada pada level aman. PGN ini punya Metering and Regulating Station, sebagai pengatur tekanan gas dan pengaman hingga gas bumi sampai ke pelanggan.




Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel di situs Si-Nergi

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Dari Kisah Sukses Para Pengusaha

Singo Barong Syarat Cinta Dewi Sekar Taji