Agar Membaca Menyenangkan

Sumber: Internet

Membaca merupakan kegiatan yang memiliki banyak manfaat untuk manusia, namun kebanyakan kegiatan ini dianggap sebagai kegiatan yang membosankan. Kebanyakan orang lebih suka mengisi waktu luangnya dengan menonton televisi ditambah dengan adanya internet dan media sosial kegiatan membaca buku semakin ditinggalkan.
Membaca buku bagi kebanyakan orang adalah kegiatan yang membosankan. Tapi tahukah kamu, kita dapat meningkatkan produktivitas membaca kita lewat beberapa hal di bawah ini agar kegiatan membaca buku menjadi menyenangkan.
Pilih Buku Yang Sesuai Denganmu
Pilih topik yang kamu sukai, karena membaca buku bukan berarti harus membaca buku yang berat dan memusingkan otak. Mulailah membaca buku yang disuka mulai dari, majalah, komik, bahkan novel. Karena kegiatan membaca lebih penting daripada muatan yang dibaca, dengan semakin sering membaca maka otak pun perlahan-lahan akan menginginkan yang lebih berbobot.
Jangan Paksakan Mengabiskan Satu Buku
Kamu diperbolehkan untuk berhenti membaca apabila isinya tidak kamu sukai. Setiap orang memiliki hak untuk menyeesaikan atau berhenti membaca sebuah buku. Membaca buku merupakan kegiatan yang personal dan setiap orang pasti memiliki pengalaman yang berbeda-beda dalam membaca satu buku.

Mulai Dengan Bacaan Yang Mudah Dimengerti
Mulai dengan membaca bacaan yang ringan dan mudah dimengerti. Untuk memulai kebiasaan ini, kamu tidak perlu mulai dengan bahan bacaan yang ‘berat’. Mulai dari bahan bacaan  yang ringan dan menyenangkan kemudian secara bertahap beralih kebacaan yang lebih serius. Membiasakan otak mencerna kalimat-kalimat dalam buku, perlahan-lahan kemampuan kognitif seseorang akan bertambah dan dapat mencerna, memroses, serta menyimpan informasi yang didapat dari membaca.
Membaca Di Waktu Luang
Membaca juga dapat kamu lakukan di sela-sela kegiatanmu, karena dengan kemudahan teknologi sekarang membaca tidak hanya dari buku. Tidak harus membaca buku, membiasakan membaca berita pun punya pengaruh yang cukup besar untukmu. 



Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Dari Kisah Sukses Para Pengusaha

Singo Barong Syarat Cinta Dewi Sekar Taji

Leak Survey, Jamin Kemanan Gas Bumi PGN