Langkah Jitu Memulai Usaha Sendiri

Sumber: Internet




Dalam memulai usaha perlu niat dan kerja keras, tentunya semua orang sepakat dengan hal itu. Namun terkadang yang tidak disadari adalah semua kesuksesan tidak muncul langsung begitu saja tanpa meniti tahap demi tahap. Yang perlu kita lakukan dalam dunia entrepreneur adalah mulai dari hal kecil untuk dapat menuju kesuksesan kita.

Jika kamu melihat Bill Gates atau Mark Zuckenberg yang telah meraih kesuksesannya yang sangat mengagumkan tersebut semuanya dimulai dari usaha kecil. Tidak satupun dari mereka yang menduga bakal mencetak keberhasilan seperti sekarang. Dalam memulai usaha kamu tentu harus dengan melakukan langkah yang tepat, berikut langkah yang bisa kamu coba untuk memulai bisnismu.

Pelajari Usaha Yang Akan Kamu Jalankan

Saat membuat model bisnis, coba lihat ke sekeliling dan cari contoh sukses dari model bisnis yang Anda kehendaki, lalu pelajari. Setelah semua kamu kuasai mulailah untuk melakukannya, karena  jika terus dipikirkan tanpa mamulai sama saja dengan bohong.

Membangun Relasi Bisnis

Bisnis yang dijalankan sendiri akan membuang banyak tenaga dan pikiran,  dengan membangun relasi antara pebisnis lain kamu akan lebih mudah mengembangkan usaha yang kamu jalankan, namun cobalah cari oang yang kamu percayai. Semua bisnis pasti memiliki risiko maka dengan adanya partner kamu tidak akan kewalahan sendiri.

Hargai Waktu dan Mulai Disiplin

Disiplin dimulai dari diri sendiri, dalam menjalankan bisnis yang perlu kamu lakukan adalah konsisten dan terus mengembangkan usaha yang telah kamu mulai. Karena terkadang rasa lelah dan bosan karena usaha tidak berkembang sering menimbulkan putus asa dan bosan. Coba lawan rasa malas tersebut dan mulailah mencari inisiatif lain dalam mengembangkan usahamu.

Selalu Melakukan Evaluasi

Dalam jangkan seminggu sekali atau sebulan sekali lakukanlah evaluasi terhadap perkembangan usahamu cari kekurangan yang ada untuk kemudian lebih diperbaiki lagi. Jangan biarkan kesalahan yang ada dibiarkan begitu saja, karena bisa menyebabkan turunnya kualitas perusahaanmu.

Rekrut Karyawan Dengan Baik

Memilih karyawan tidak boleh secara sembarangan, pilihlah karyawan yang baik yang akan membantu mengembangkan usahamu. Mulailah mencari karyawan yang memiliki sikap yang baik dan jujur serta selalu giat dalam melakukan pekerjaannya.

Jual Kelebihannya, Bukan Harganya

Memberikan kepuasan pada konsumen harus menjadikan prioritas utama dalam pengembangan usahamu. Jika kamu bersaing dengan harga, maka kamu akan menjual barang kamu dengan harga pas pasan sedangkan kualitasnya tidak kamu perhitungkan. Jika kamu memberikan kualitas yang bagus dan konsumenmu puas maka konsumen tidak akan lagi memikirkan harga karena barang yang mereka terima sesuai dengan kualitas yang kamu berikan.



Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Dari Kisah Sukses Para Pengusaha

Singo Barong Syarat Cinta Dewi Sekar Taji

Leak Survey, Jamin Kemanan Gas Bumi PGN