Tips Mengelola Keuangan Mahasiswa

Sumber: Internet

Mengelola keuangan adalah hal yang harus dibiasakan sedini mungkin, karena kebiasaan tersebut tentu akan mendatangkan banyak manfaat di kemudian hari. Untuk pelajar dan mahasiswa yang masih mendapatkan uang jajan dari orang tuanya tentu tidak harus bersusah payah untuk bekerja. Namun keadaan seperti ini tentu tidak akan terus menerus terjadi, karena suatu saat kita pun akan hidup dan mengatur keuangan kita sendiri.
Oleh karenanya dalam mengelola keuangan kita harus pandai-pandai mengatur keuangan kita agar bisa mencukupi kebutuhan kita sehari-hari. Menciptakan gaya hidup hemat tentu harus dimulai sejak dini, oleh karenanya berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluaran uang saku.
Sarapan di Rumah Sebelum Kuliah
Biasanya pengeluaran yang paling besar dari uang saku adalah membeli makanan di luar. Maka usahakanlah sarapan di rumah sebelum menjalankan aktifitas di luar, seperti sekolah, kuliah, ataupun pergi ke kantor.
Membawa Bekal Sendiri
Selain untuk menghemat pengeluaran, membawa bekal dari rumah juga bisa menjaga kita agar asupan makanan yang higienis. Dengan membawa makanan sendiri kamu bisa menyisihkan uang saku yang seharusnya dibelikan makan siang.
Beli Barang Yang Memang Dibutuhkan
Untuk keperluan sekolah atau kampus, kamu tidak perlu mengikuti berbagai model yang marak di pasaran, misalnya ingin membeli barang-barang karena bentuknya lucu, padahal harganya mahal. Pilihlah barang yang memang dibutuhkan dengan kualitas yang baik namun harganya murah, hal itu bisa mengurangi pengeluaran uang sakumu.
Kerja Paruh Waktu
Sebagai mahasiswa tentu memiliki jam perkuliahan yang bisa dipilih berdasarkan waktu yang kamu inginkan. Dengan cara mengatur waktu yang tepat untuk kuliah, kamu juga bisa mengatur waktu untuk bekerja, semisal mengajar atau sebagainya namun harus diingat kamu juga harus memilih pekerjaan yang tidak bentrok dengan jam perkuliahan.
Biasakanlah Menabung

Kebiasaan menabung juga akan meningkatkan cara hidup hemat dan sederhana. Meskipun uang yang ditabungkan tidak seberapa, namun lama kelamaan  hasil dari tabungan tersebut bisa dimanfaatkan untuk membeli benda-benda yang kamu inginkan atau malah untuk modal usahamu nanti.

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Dari Kisah Sukses Para Pengusaha

Singo Barong Syarat Cinta Dewi Sekar Taji

Leak Survey, Jamin Kemanan Gas Bumi PGN