Tiga Destinasi Alam Sukabumi Yang Wajib Dikunjungi

Sukabumi merupakan sarana yang memiliki destinasi alam yang menarik dengan suasana alam yang masih terjaga. Jika kamu merupakan salah satu penikmat traveling ke wisata alam, maka wisata alam Sukabumi bisa jadi salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi. Berikut ada tiga tempat yang cukup unik dari keaslian dan keasrian alamnya.


Desa Adat Ciptagelar Gunung Halimun

Jika kamu salah satu orang yang suka dengan kebudayaan lokal dan tradisi yang masih kental dipertahankan secara turun temurun. Maka tidak ada salahnya mencoba mengunjungi salah satu kampung yang terkenal dengan adat istiadatnya yang masih kental, Kampugn Ciptagelar yang ada di bawah Gunung Gede Pangrango.

Lokasi Kasepuhan Ciptagelar berada di selatan Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Provinsi Banten sehingga membuat desa ini terbagi dua. Yang pertama masuk wilayah Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Sebagian lainnya masuk ke dalam wilayah Kabupaten Lebak, Banten.

Prejalanan menuju kampuang ini memang tidak mudah, lokasinya berada di perbukitan Gunung Halimun Salak ini membuat perjalanan penuh dengan rintangan. Dalam perjalanan kita akan banyak menemui tanjakan dan turunan yang curam sehingga membutuhkan kewaspadaan lebih. Namun untuk pecinta alam dan pecinta kebudayaan lokal itu semua mungkin tidak akan ada artinya demi menemui keindahan dan kebudayaan yang selelu dijaga.


Goa Buniayu di Sukabumi, Jawa Barat

Goa Baniayu terkenal dengan keindahan dan kealamian ornamen-ornamen yang ada di dalam goa. Pengambilan nama Baniayu pun berasal dari bahasa Sunda yaitu “Bani” yang berarti tersembunyi dan “Ayu” yang berarti kecantikan yang bisa diartikan dengan “kecantikan tersembunyi”. Memang hal ini sesuai dengan pemandangan goanya yang masih alami. Di dalamnya kamu akan menemukan stalaktit, stalakmit, flow stone, coloumn, drapery, gourdam, canopy, dan ornamen goa lainnya yang masih terjaga.

Untuk penelusuran goa, Anda perlu mempersiapkan stamina khusus guna menikmati perjalanan. Lama perjalanan yang akan ditempuh 4-5 jam. Untuk perjalanan ini, Anda diharuskan memakai peralatan khusus di antaranya helm, wear pack antiair, sarung tangan, sepatu boot antilicin, dan alat penerangan.


Sungai Citarik

Sungai Citarik berlokasi di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, merupakan surga bagi pecinta arung jeram. Dengan tingkat kesulitan rata-rata di grade 3-5 (intermediate) membuat sungai ini cocok bagi siapa pun yang ingin merasakan serunya arung jeram. Sungai ini mempunyai keunggulan lebih dibandingkan dengan sungai-sungai yang ada di Tanah Air, bahkan dibandingkan dengan lokasi serupa di berbagai belahan dunia.

Sungai Citarik memiliki debit (air) cukup, air yang bersih, dan arus yang relatif stabil sepanjang tahun. Jeram dan bebatuan di sungai ini pun cukup banyak  dengan tingkat kesulitan beragam. Selain itu, rutenya pengarungan di Sungai Citarik sudah memenuhi standar Federasi Arung Jeram Internasional atau International Rafting Federation (IRF).


Panjang rute bermain arung jeram di Sungai Citarik adalah 17 km dengan lama pengarungan sekira 4 jam. Titik start berada di Desa Cigelong dan berakhir di Desa Citangkolo atau Desa Cikadu. Sepanjang pengarungan di Sungai Citarik, suguhan pemadangan hijau permai akan menjadi atraksi penghibur di sela-sela teriakan histeris Anda.




Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Dari Kisah Sukses Para Pengusaha

Singo Barong Syarat Cinta Dewi Sekar Taji

Inspirasi Mengembangkan Ekonomi Baru Di Era Digital