Tantangan Pemanfaatan Gas Bumi

internet


Potensi gas bumi yang dimiliki indonesia cukup besar, bahkan ditaksir dapat memenuhi kebutuhan domistik sampai 59 tahun ke depan. Namun di samping itu, ternyata tantangan pemanfaatan gas bumi PGN pun cukup besar. Berikut beberapa tantangan yang akan dihadapi dalam pemanfaatan gas bumi di Indonesia :

Pertama, gas bumi umumnya banyak ditemukan di wilayah timur Indonesia, sehingga kegiatan eksplorasi dan produksi gas bumi yang dilaksanakan di wilayah ini akan lebih sulit. Oleh karenanya peralatan yang digunakan pun harus lebih canggih dan hal tersebut akan memakan banyak biaya.

Kedua, Pemenuhan teknologi yang canggih untuk eksploitasi memberikan konsekuensi. Pengembangan gas membutuhkan investasi yang sangat besar, sehingga investor akan sangat berhati-hati dalam mengkalkulasi. Aspek keekonomian pengembangan lapangan pun menjadi perhatian ketika memanfaatkan gas, terutama saat penentuan harga.

Ketiga, pemanfaatan gas bumi lebih memakan banyak proses sebelum digunakan oleh konsumen. Karena gas bukan berbentuk cair maka saat gas keluar harus segera digunakan, oleh karenanya harus menunggu kepastian dari pembeli. Kemudian jika jarak konsumen jauh, tidak memungkinkan membangun pipa untuk mengirimkannya.

Untuk dapat mengirimkan gas bumi ke daerah yang jauh, maka gas bumi harus dirubah dulu menjadi cair atau lebih dikenal liquefied natural gas (LNG). Dengan teknologi ini, gas terlebih dahulu dicairkan menjadi LNG, baru kemudian diangkut dengan kapal khusus pengangkut LNG. Saat sampai di daerah tujuan, gas cair kembali diubah menjadi gas sebelum dimanfaatkan oleh pengguna akhir.

Keempat, jaringan pipa distribusi gas masih minim. Alhasil, ketika ada daerah yang surplus produksi gas, tidak dapat dikirimkan ke daerah yang kekurangan gas. Contoh konkret, produksi gas di Jawa Timur lebih besar dari kebutuhannya. Kelebihan pasokan ini tidak dapat dikirimkan ke Jawa Barat yang kebutuhan gas tinggi karena belum ada jaringan pipa yang menghubungkan kedua wilayah ini.


Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Dari Kisah Sukses Para Pengusaha

Leak Survey, Jamin Kemanan Gas Bumi PGN

Singo Barong Syarat Cinta Dewi Sekar Taji